Skip to main content

Tempat Wisata Paling Hits di Pekalongan

Tahukah kamu kalau Pekalongan atau yang biasa disebut sebagai Kota Batik ini merupakan kota yang sudah dinobatkan sebagai kota paling kreatif di Indonesia oleh UNESCO. 

Namun selain kota paling kreatif kota yang dibedakan menjadi dua bentuk pemerintahan yaitu kota dan kabupaten ini memiliki banyak sekali lokasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi kapan saja jika kamu sedang berada di Pekalongan.

yuk mari kita simak beberapa destinasi wisata di kota pekalongan yang paling hits dan bikin kamu gagal move on.

Pantai Pasir Kencana

Pantai yang terletak tidak jauh dari pusat kota ini memang menjadi salah satu destinasi wisata paling hits di kota Pekalongan.

Obyek Wisata yang dikelola oleh Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan, ini dibuka untuk umum dari jam 6 pagi hingga jam 9 malam. Fasilitas yang tersedia adalah mainan anak-anak dan taman bermain, panggung terbuka, koleksi satwa, bangku dan taman untuk bersantai, Becak Air, Cafe/ warung makan.

Tempat Wisata Paling Hits di Pekalongan
Photo Credit : Wisata Pekalongan

Tempat Wisata Paling Hits di Pekalongan
Photo Credit : Wisata Pekalongan
Pantai ini cukup tertata, ada jembatan kanal, batu pembatas ombak, sampai panggung hiburan. Selain itu juga terdapat objek Wisata Bahari aquarium dan koleksi biota laut yang mirip Seaworld wow keren kan.


Nantinya para pengunjung disini dapat bersantai sambil menyaksikan matahari terbit / terbenam, aktivitas nelayan dan perahunya, bermain di taman, memancing, olah raga pantai atau sekedar menghirup udara pantai yang segar. 

Pengunjung biasanya paling banyak datang pada hari Minggu / Libur dan hari Jum’at pagi. Setiap pengunjung wajib membayar tiket masuk dengan harga sebesar Rp. 1.100,00 (hari biasa) ; Rp. 1.600,00 (hari Munggu/Libur) dan Rp. 2.100,00 (Malam Minggu), semua tiket sudah termasuk Asuransi.

Museum Batik

Pekalongan kota Batik itulah julukannya, jadi tidak ada salahnya kalau kamu juga harus berkunjung ke salah satu tempat wisata hits yang satu ini. Selain bisa menambah wawasan tradisional kamu juga bisa melihat banyak sekali koleksi batik, mulai dari yang kuno sampai modern dengan berbagai corak dan karakter.

Museum Batik di Pekalongan ini diresmikan oleh mantan presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono pada tahun 2006 silam. Museum Batik Pekalongan memiliki koleksi sekitar 1149 batik. Tidak cuma batik saja yang dipajang di museum ini namun juga berbagai hal yang berkaitan dengan batik. Termasuk alat membuatnya.
Museum Batik Pekalongan
Photo Credit : Wisata Pekalongan

Museum Batik Pekalongan
Photo Credit : Virus Traveling
Museum Batik Pekalongan terdiri atas tiga rungan dimana ruangan pertama digunakan untuk memamerkan batik-batik dari daerah pesisir Pulau Jawa seperti batik Cirebon, Pekalongan, Batang, dan juga Rembang. Ruangan kedua digunakan untuk memamerkan batik hasil sumbangan beberapa tokoh penting seperti batik hasil sumbangan mantan presiden SBY, Ibu Ainun Habibie, mantan wakil presiden Budiono serta sejumlah tokoh penting lain

Sedangkan di ruangan pamer ketiga kita akan melihat koleksi batik-batik yang berasal dari berbagai daerah di tanah air seperti Banten, Kalimantan, Garut, Indramayu, Madura, sampai Papua.

Jika kamu ingin berkunjung ke Museum Batik Pekalongan, Kamu bisa menuju ke alamat Jl. Jatayu No. 3, Pekalongan Utara, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Perlu kamu ketahui juga museum batik buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore.

Bukit Pawuluhan
Destinasi wisata yang ketiga dari kota pekalongan yang tidak kalah hits adalah bukit pawuluhan, ya bagi kamu yang suka view pamandangan alam dari bukit atau suka naik gunung tidak ada salahnya untuk mencoba wisata yang satu ini.

Disini kita bisa menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa, cukup dengan berjalan sejauh 2,8 kilometer dan dibutuhkan waktu sekitar2 jam untuk mencapai puncak.
Bukit Pawuluhan
Photo Credit : IndonesiaCayo

Bukit Pawuluhan
Photo Credit : twitter
Medan trekking memang tidak begitu terjal, Trekking tipis-tipis namun cukup licin jadi kita harus sangat ekstra hati-hati jika ingin melewatinya.

Jika kita ingin mendapatkan pemandangan yang sangat indah atau Sunrise setidaknya kita harus mendakinya pagi hari.

Selain itu Bukit Pawuluhan ini ternyata jarang terjamah lho mungkin karena letaknya yang jauh dari kota, sekitar satu setengah jam dan melewati hutan-hutan. Di samping itu jalan yang berkelok dan menukik akan menyapa kita selama dalam perjalanan menuju di Klesem, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah.

Curug Bidadari Jolotigo
Nah kali ini tempat yang terakhir yang mau saya bagikan adalah curug bidadari jolotigo. Nah bagi kamu yang suka main air cocok nih jalan-jalan ke curug bidadari jolotigo ini.

Objek wisata Curug Bidadari yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Pekalongan dan Batang, Jawa Tengah, atau tepatnya berada di kawasan Desa Jolotigo, patut menjadi sektor kepariwisataan andalan pemerintah daerah setempat.
Photo Credit : ahmadpajalibinzah
Objek wisata Curug Bidadari belum lama populer menjadi tempat tujuan wisata karena kurangnya informasi dan sentuhan sarana penunjang yang menjadikan objek wisata alam ini semakin menarik.

Jika kamu ingin kesini untuk menuju ke lokasi Curug Bidadari, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi melalui rute menuju Kecamatan Doro-Talun-Batursari-Sengare-Jolotigo. Namun sebaliknya jika menggunakan angkutan umum kamu hanya berhenti sampai Desa Batursari, kemudian meneruskan perjalanan dengan jasa kendaraan ojek.
Photo Credit : ahmadpajalibinzah
Bagi para traveler dan adventurer pasti akan menikmati perjalanan ini. Apalagi, setelah menempuh medan yang menantang, mereka akan disuguhi pemandangan dua kolam alami dengan air yang berwarna kehijauan.

Satu kolam dengan kedalaman 4 meter yang berada di bawah air terjun Curug Bidadari setinggi 7 meter akan menjadi daya tarik pengunjung kian berlama-lama di lokasi itu.

Di antara kolam itu, para pengunjung juga disuguhi lintasan sungai dengan airnya yang relatif jernih dan cukup deras serta bebatuannya yang dapat dijadikan pijakan untuk mencapai curug.
Photo Credit : ahmadpajalibinzah
Bagi pengunjung yang bisa berenang juga dapat mencoba sensasi terjun ke dalam kolam sedalam 7 meter dari atas tebing batu yang mengapit Curug Bidadari.

Panorama alam yang masih alami dan sejuk serta kicauan burung yang berada di atas pepohonan makin menambah kondisi objek wisata Curug Bidadari makin asri.

Selamat berwisata di kota Pekalongan.

Comments

Popular posts from this blog

Misteri Emas dan Kutukan Danau Segara Anak Gunung Rinjani

Danau Segara Anak merupakan salah satu tempat wisata di kawasan taman nasional Gunung Rinjani Nusa Tenggara Barat, Danau yang terletak di ketinggian kurang lebih 2000 mdpl dan luas sekitar 1.100 ha dengan kedalaman 230 m ini mungkin memang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta alam terutama mereka yang hobi mendaki gunung. Photo Credit : Google Danau  Segara anak ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah, maka dari itu Danau Segara anak menjadi salah satu tempat yang wajib kita kunjungi jika kita berada di Lombok. Photo Credit : Google Tak hanya memiliki pemandangan yang indah tentunya beberapa tempat wisata seperti ini juga memiliki beberapa kisah misteri, salah satunya adalah adanya emas. Menurut masyarakat setempat emas tersebut tidak boleh di ambil jika tidak ingin bernasib buruk. Sudah ada beberapa orang yang mencoba mengambil emas-emas itu dan berakhir dengan penyesalan.  Mitos atau Fakta? Sebagian dari kita mungkin tidak percaya begitu saja kalau di

Menelusuri Uniknya Bentuk Lonceng Dari Neraka

Mendengar kata neraka memang sangat mengerikan, namun jika kita melihat tempat wisata yang satu ini dijamin kita akan sangat kagum dengan keindahanya, disini kita akan menyelam dan melihat bagaimana uniknya bentuk-bentuk lonceng dari neraka. Photo Credit :  InspiredToDive Tempat wisata yang terletak di  Sebelah barat Puerto Morelos, Semenanjung Yucatan, Meksiko ini diberi nama Cenote Zapote, yang merupakan sebuah sinkhole yang terbentuk secara Alami dar reruntuhan Dan membentuk sumur Raksasa genangan air berwarna biru. Photo Credit :  InspiredToDive Cenote berarti sinkhole. Sementara Zapote diambil dari nama pohon sapote yang tumbuh di sekitar Cenote Zapote tersebut . Meskipun memiliki kedalaman 30 meter, cenote ini memiliki pemandangan yang sangat luar biasa, jika kita menyelam kita akan melihat bagaimana dinding-dindingnya dihiasi oleh lonceng-lonceng dari neraka yang berbentuk unik. Lonceng inilah yang membuat para wisatawan berbondong-bondong untuk melihatnya

Melihat Keindahan Dubai Dari Atas Awan

Siapa sih yang tidak kenal Dubai,  Kota yang terletak di Uni Emirat Arab dan sangat identik dengan sumber daya alamnya berupa minyak bumi. Kebanyakan orang beranggapan bahwa Dubai menjadi kota kaya karena berada di Teluk Arab yang memiliki sumur minyak bumi yang melimpah. Namun, anggapan kebanyakan orang itu salah, karena pendapatan kota itu yang menyumbang sekitar $ 100.000.000.000 bagi pendapatan negaranya, ternyata berasal dari bisnis real estate, perusahaan penerbangan dan pelabuhan.  Nah selain itu sebagai salah satu negara kaya raya Dubai juga memiliki banyak sekali tempat wisata dan menjadi tujuan wisatawan Dunia. Apalagi di bulan ini kota di negara kaya minyak yang terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab ini tengah memasuki musim dingin. Kabut tebal pun turun menyelimuti gedung-gedung mewah pencakar langit setiap pagi hari, wow keren bukan. Nah berikut ini adalah beberapa foto-foto keindahan Dubai jika dilihat dari gedung pencakar langit.